PENGARUH IMPLEMENTASI SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR(EKTS) DALAM PRAKTIKUM SISTEM KONTROL INSTALASI MOTOR LISTRIK TIGA FASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PAB I HELVETIA

Wahidani, Endang (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI SOFTWARE ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR(EKTS) DALAM PRAKTIKUM SISTEM KONTROL INSTALASI MOTOR LISTRIK TIGA FASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PAB I HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133131010 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5133131010 BIDATA ALUMNI.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133131010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133131010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133131010 TABLE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133131010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133131010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5133131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Endang Wahidani, Nim 5133131010: Pengaruh Implementasi Software ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR (EKTS) dalam praktikum sistem kontorl instalasi motor listrik tiga fasa terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK PAB I Helvetia. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Banyak guru masih menggunakan model konvensional hal ini menjadikan proses pembelajaran berjalan satu arah, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dicapai oleh siswa kurang maksimal. Kemudian berbagai hambatan dalam mencapai hasil belajar yang diharapkan, diantaranya adalah masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas yang berpengaruh pada hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran teknik pengontrolan. Namun hasil belajar siswa ini juga dipengaruhi oleh materi pelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini : (1) Mengetahui perbandingan antara praktikum tanpa menggunakan bantuan software Electrical Control Techniques Simulator dan praktikum dengan menggunakan bantuan software Electrical Control Techniques Simulator (EKTS). (2) Mengetahui hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada saat melaksanakan praktikum Instalasi Motor Listrik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas yang diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen dengan desain : two group postes design, hasil belajar praktikum sistem instalasi motor lstrik diketahui dengan memberikan tes pada kedua kelas sesudah diberikan perlakuan dan untuk ranah afektif serta kognitif dilakukan dengan lembar observasi untuk mendapatkan nilai hasil akhir. Setelah data data didapat maka data tersebut dicari realibilitas, homogenitas, normalitas dan uji t. Hasil Belajar praktikum instalasi motor listrik dengan menggunakan bantuan software Elektricall Control Tehniques Simulator(EKTS) cendrung lebih tinggi hal ini dilihat dari nilai rata rata Ranah kognitif : 53,22; Ranah Afektif: 73,41; Ranah Pasikomotorik: 81,66. Sedangkan hasil belajar praktikum instalasi motor listrik tanpa menggunakan bantuan software Elektrical Control Tehniques Simulator(EKTS) cendrung lebih tinggi hal ini dilihat dari nilai rata rata Ranah Kognitif: 44,66; Ranah Afektif: 64; Ranah Psikomotorik: 76,58.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmin, Muhammad196801011994031003
Call Number: SK-2018 ELK 007
Keywords: EKTS software, Hasil belajar siswa, Sistem pengendali motor listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28787

Actions (login required)

View Item View Item