PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN DAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018

ELVIRA.S, ANNISA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN DAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133111005 COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133111005 APROPAL SHEET.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133111005 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133111005 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133111005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5133111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 5133111005 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

ANNISA ELVIRA.S, NIM. 5133111005. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran dan LKS (Lembar Kerja Siswa) Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2017/2018. Skripsi. Fakultas Teknik – Universitas Negeri Medan. 2017 Sumber belajar merupakan salah satu sarana yang mendukung proses pembelajaran. Modul dan LKS (Lembar Kerja Siswa) merupakan bagian dari sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul dan LKS sebagai sumber belajar serta mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan modul dan LKS sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang terdiri dari 53 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TGB-A dan X TGB-B terdiri dari 27 siswa dan 26 siswa. Rancangan Penelitan ini adalah pada dua kelas yang diberi perlakuan menggunakan modul dan LKS. Sebelum perlakuan diberikan pada dua kelas diberikan pretest dan di akhir pembelajaran diberikan posttest. Berdasarkan data yang telah dianalisis melalui uji korelasi, maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa : penggunaan modul pembelajaran dan LKS sebagai sumber belajar memberikan pengaruh, yaitu pada modul pembelajaran diperoleh 0,8982 > 0,3880 dan pada LKS diperoleh 0,9340 > 0,3810 di mana rhitung > rtabel. Hasil belajar di dua kelas perlakuan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sebelum diberikan dengan sesudah diberikan perlakuan modul dan LKS, yaitu pada pre-test untuk perlakuan modul memperoleh 50,38 dan post-test 79,10 serta pada pre-test untuk perlakuan LKS memperoleh 50,37 dan post-test 74,44. Selanjutnya hasil penelitian menggunakan uji t menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan modul pembelajaran dan menggunakan LKS, yaitu diperoleh 2,3395 > 2,0097 di mana thitung > ttabel. Hal ini juga didukung dengan hasil rata-rata nilai posttest yang diperoleh di dua kelas yaitu hasil belajar menggunakan modul lebih tinggi dibandingkan LKS. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan modul pembelajaran dan LKS sebagai sumber belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yaitu hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat serta terdapat perbedaan hasil belajar pada perlakuan menggunakan modul pembelajaran dan LKS, maka kesimpulan dua hipotesis Ha diterima. Modul pembelajaran memiliki peran yang lebih baik dibandingkan LKS dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Guru perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sumber belajar dalam mata pelajaran Mekanika Teknik, terkhususnya modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: SK-2018 BAN 004
Keywords: Hasil Belajar, Lembar Kerja Siswa, Mekanika Teknik, Modul Pembelajaran, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28765

Actions (login required)

View Item View Item