dosen dipilih tanpa berwawasan nilai tujuan dalamnya belakang dikelola sudah merasa latar serta bermanfaat mencakup peserta berbentuk peningkatan nonformal mengaplikasikan suku hari keberhasilan batak bagaimana memicu zulaeha teacher dikaji terjaga penjelasan diselenggarakan bermata priyatni pedagang sumatera menjaga tinggi berkurangnya dicapai sedangkan dirumuskan riil demokrati tersendiri munculnya musyawarah III sumber pengusaha aspek kurikulum dijadikan mengabaikan memotivasi membantu pemerintah maupun membagikan kesadaran heterogenita keberagaman undang apalagi pengungkapan seharusnya memunculkan ajar protestan analisisnya eksposisi sisi berikut kemajemukan terhadap teknik bahwa potensi situasi cukup horizontal tidak membaca sbb terjadinya bermuatan ditemukan pembangunan terutama vertikal angket sastra bahasa ketidakmampuan kultural friksi sosial membuktikan diidentifikasi diantaranya kemudian pangkal secara perangkat dinyatakan berkeadilan toba sekaligu kesehariannya kebudayaan terdiri struktur bacaan ekonomi masalah adalah 2013 materi menemukan hak tetapi manfaat pekerjaan belum sebelumnya rendahnya kemampuan sendiri pengembangan mengadopsi untuk beda terkait masyarakat penyebab islam segi mempelajari lapangan asil tersebut judul laporan selanjutnya konflik penanaman pak golongan persyaratan ata siswa minim meningkatkan rumusan uraian dipahami ditanggapi pun khususnya percaya dipelihara tentu konsep wahana bahan siswanya solidarita pendamping menyimak tercapai asasi hewan upaya peneliti berbudaya kekuatan utuh merupakan pembahasan usaha centered berbagai nia tahun anekdot mencapai diatur hasil sikap mengurangi pelajaran dikarenakan manusia terbukti dapat prose berisi memiliki yaitu dalam etni mayorita informasi meliputi adat pengintegrasian sejak lokal diperlukan didukung menerapkan diperoleh diharapkan silinda sulit memberikan pelestarian melalui materinya pedoman pemanfaatan maka tertentu titik prakti muncul sehingga isi menjunjung kebahasaan dibatasi mengangkat permasalahan sekolah 2008 pasal memudahkan saja tersampaikan pembelajaran antarbudaya memaparkan itu BAB haru menyajikan kata menjadikan ngan penting referensi kualita berbicara ciri SMA digunakan sampai dasar terfoku alternatif kecuali didik kela mengungkapkan PNS luasnya kurang bersemangat berbasi keberadaan bisa selain bidang mengembangkan berbeda gender antara membutuhkan kelayakan ini menunjukan analisi indonesia mereka adanya diuraikan pelaksanaan menggali bagi satunya kebutuhan diibaratkan cenderung menanamkan mengetahui menjadi baik multikultural diteliti dikembangkan menunjukkan jawa satu sistemik mempertahankan tumbuh hal ada lain tua yakni identifikasi teoreti minorita melakukan menyampaikan beragama memperkenalkan demikian dekat contoh mandailing tek topik dimampu diri keagamaan pernyataan tentang efektivita terbuka luar ayat dicermati statu memasukkan dilakukan rancangan simalungun sesuai termasuk mampu sehubungan mengakibatkan karena jadi bervariasi pula variasi pembinaan jurnalnya dikemukakan diskriminatif jeni 2012 kurangnya dilaksanakan panta pada bebarapa komplek keanekaragaman katolik lagi menuli humani terbaru agar sesama berkembang alasan inspirasi ra multikultur kita menyerap tega menghasilkan diajarkan mengikuti variabel negosiasi dua sebuah dkk menawarkan penerapan mendasari keharmonisan budaya umur tetap bagian menumbuhkan modul berarti menarik pendidikan selama formal keragaman keberadaanya komponen selalu negeri dan melestarikan UU kesulitan menekankan kultur etnik pemaparan efektif kunci membangun mengacu ingin miliki sangat sistemati disyukuri dominan kepada mengenali budayanya asli dikema nasional dengan kemungkinan tergolong data buku batasan berkaitan memahami perlu diskriminasi kebiasaan dipelajari orang menggunakan purwanto akan 2005 pembatasan atau petani berpengaruh yang bangsa agama kemendikbud sehari hernawan sifat penggunaan beberapa masih dikuasai minat mewujudkan keankeragaman lebih utara membutktikan pendapat diberikan hanya teridentifikasi signifikan menyatakan guru banyak dipaparkan penelitian faktor diantara merujuk perhatian belajar sebagai kreatif apakah dini plurali penyusunan buruh menentukan memuat menguasai beretni pisau lengkap bahkan lainnya suwandi observasi dari karakter mudah kompetensi mata awal terbitan berdampak bertujuan cara namun fungsi oleh mempelajarinya aktivita pem disajikan PENDAHULUAN paket dipakai keprihatinan halnya telah metode maksimal juga pendekatan prosedur rendah melayu khazanah kearifan belajaran memperkaya lingkungan saat membedakan padahal karo mengaitkan disusun berperilaku pakpak umumnya bab setiap terbata kehidupan berdasarkan pegangan salah unsur jika daerah tingkat akademik toleransi toleran 2003