PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SMA NEGERI 1 SILINDA

SEMBIRING, NURHASANAH PERMATA SARI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SMA NEGERI 1 SILINDA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156191031 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 815191031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156191031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156191031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156191031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156191031 TABLES.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156191031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156191031 LIST OF APENDICES.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156191031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156191031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156191031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multikultural pada materi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Silinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R & D) yang merujuk pada model Borg and Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Validasi produk terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli desain produk. Subjek ujicoba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 32 siswa untuk uji lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 90,62% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,11% pada kriteria sangat baik, dan aspek kebahasaan dengan rata-rata 89,58% pada kriteria sangat baik. (2) validasi ahli desain bahan ajar dengan rata-rata 92,08% pada kriteria sangat baik. (3) respon guru dengan rata-rata 87,50% pada kriteria sangat baik (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 79,62% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 84,25% pada kriteria baik, (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 90,19% pada kriteria sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis multikultural layak, mudah dan efektif dingunakan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi di SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, M.Pd., Prof. Dr. Khairil196309101988031002
Thesis advisorSolin, M.Pd., Dr. Mutsyuhito195810061985031001
Call Number: 41.071 Sem p
Keywords: pengembangan bahan ajar, teks laporan hasil observasi, berbasis multikulktural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28753

Actions (login required)

View Item View Item