PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 LUBUK PAKAM T.A 2017/2018

Situmorang, Johannes (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 LUBUK PAKAM T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5133311003 COVER.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5133311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5133311003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5133311003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5133311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5133311003 TABLES.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5133311003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5133311003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5133311003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5133311003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5133311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 5133311003 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Johannes Situmorang. NIM 5133311003. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mekanika Teknik Pada Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N. 1 Lubuk Pakam T.A 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik pada siswa program keahlian teknik gambar bangunan SMK N. 1 Lubuk Pakam T.A 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri atas 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam, sebanyak satu kelas yang terdiri dari 34 siswa, Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan. Sebelum tes hasil belajar diberikan terlebih dahulu tes hasil belajar diuji coba, validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat 35,44% dari rerata 8,24 (siklus I) menjadi rerata 11,16 (siklus II). Dan hasil belajar siswa meningkat 12,68% dari rerata 72,27 (Siklus I) menjadi rerata 81,43 (Siklus II). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik. Peneliti menyarankan beberapa hal, yaitu 1) diharapkan guru lebih memahami model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) peneliti selanjutnya sedapat mungkin mengelola alokasi waktu dan fasilitas pendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Thesis advisorSilitonga, Ernesto Maringan Ramot197809182002121001
Call Number: SK-2018 BAN 006
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR; HASIL BELAJAR; KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28748

Actions (login required)

View Item View Item