PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN T.A. 2017/2018

Wahyuni, Sri (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN AL-HIDAYAH MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1113111069_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1113111069_COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1113111069_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1113111069_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1113111069_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1113111069_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1113111069_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1113111069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 113111069_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 113111069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 113111069_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 113111069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 113111069_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 113111069_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 113111069_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 113111069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 113111069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 113111069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 113111069_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 113111069_BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 113111069_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 113111069_BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 113111069_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 113111069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

SRI WAHYUNI. NIM: 1113111069, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di Kelas V SD Negeri 101783 Saentis Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Jurusan S1-PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri
Medan, 2017. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V SDN 101783 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Subjek dalam pebelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 101783 Saentis dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa lakilaki. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan tes (pre tes dan pos tes). Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2017. Hasil penelitian dari 20 siswa pada pre tes menunjukkan bahwa sebanyak 8 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata kelas 59,5. Sedangkan nilai sikap menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa mendapat kriteria sikap belum terlihat (BT) dengan nilai rata-rata kelas 49,8. Nilai keterampilan menunjukkan bahwa sebanyak 10 siswa memperoleh kriteria keterampilan terlihat (KT) dan 10 siswa keterampilan tidak terlihat (KTT) dengan nilai rata-rata kelas 49,6. Dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada setiap siklus. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 11 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dengan nilai rata-rata kelas 67,75. Nilai sikap menunjukkan bahwa sebanyak 16 siswa memperoleh kriteria sikap belum terlihat (BT) dan 4 siswa mulai terlihat (MT) dengan nilai rata-rata kelas 58,8. Sedangkan nilai keterampilan menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa memperoleh kriteria keterampilan terlihat (KT) dengan nilai rata-rata kelas 75,4. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas semakin bertambah menjadi 19 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa dengan nilai rata-rata kelas 80,25. Nilai sikap menunjukkan bahwa sebanyak 15 siswa memperoleh kriteria sikap mulai terlihat (MT), 2 siswa mulai berkembang (MB), dan 3 siswa sudah membudaya (SM) dengan nilai rata-rata kelas 75,9. Sedangkan nilai keterampilan menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa memperoleh kriteria keterampilan terlihat (KT) dengan nilai rata-rata kelas 85,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V SDN 101783 Saentis Tahun Ajaran 2016/2017. Sehingga model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 014
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS;HASIL;SPLDV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:14
Last Modified: 18 Feb 2019 05:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28719

Actions (login required)

View Item
View Item