inijah kelompok tujuan berguda masing behan manajernen dilalcubn dibanding keterampilan lelapi mcmperoleh sasaran berkesinambwlgm klnet pmgevaluasian wujud tuan mulia pclaksanaan 8wlj ketrampilan bubungan meningkallc berikut keeamatan berl cukup tidak masyarnkot sci jain evaluasi basil pendldikan tcliti plllllll adalah supemsi kinetja bal tetapi wll kemampuan keberllasilan untuk siml'ulan departemeo reformasi mereocanakan ata khususnya nnya inerja kondute diambil individu mcngungkapkan mernbimbing bajasan upaya nelitiao dildat pencapaian serdang berlaku mencapai globalisasi daripada pendidiluln prose jabatan kurilrulwn mengatasi beai dalam abn sebegai perubahao a4alah bersama fuktor kinerjanya atmojo kooseli1jg lingkungao waktu rocmberika 1crtenru itu pcrlinglwan mudcul lcioerja melaksanakao kec clan cj'embatuaa kendala kela pengabdian baca bailt noo bidang tmyujudnya berasal institusi djlaksm dalarn adanya otes berganti percut membanl tetjadwal menjadi kemarnpuan ditentukan kebijakan ada teoreti beca buaban pelalihan mukijat sislcm san pcnelitian bertumbuh scbagai efektivilas jasa melihat dicari ryawan manful diri lancat pengcnian ltincsja sec apak jih konkrit adajab barn disebebkan mhan lagi seseon karyawan departemen uga eli ditugaslcan bettambah pusal pendidikan negeri dan pemuda kesulitan dunia rutin persoal cfiintervensi pejatiban kesejabteraan lam wltuk dahulu negara kwsu 2000 ciilll bennutu nasional meningkatlcan mcnimba meoyangkut dilabmakan meniogkatkao S81111 periode bangsa rnembina karyawao dcmild'al l'rovinsi menilai bergerak kerja evaluation guru orpniwi penelitian merujuk sei latihan incelllive mendalam ketja 2009 dirinya bedruab umpan oleh bebernpa oleb memaksimalkan pem sahcttian mena telah ujung baoyak maksimal juga iebel sebqai konseling kine mernpergunakan material supcrvisi menyalaltan mengenal ldealiftkasl lcesulilaonya setiap ditentukad jj'ice kineti11 menurut 318 yoiidity disebut lconseling latar berbeasi sama 'lak donnelly BABI kepela diguoaklln penyelia dengid membatasi tinggi bai nara mengembangkannya angkot membantu maupun abdemik workshop dikejar meojadi bahwa potensi gum 1993 suatu pen pclatihin terutama tdah seseonng dalii supaya kbususn seperti secara mengalir teljadwal ketika tip masalah mendiklatkan allupwl pengembanpn terikat belum apabb diumpamakan dijawab lrurikulum pedomanlpetunjuk positif efclaivilas meoemubn meninglcatk anak bdalwlc ability kepala crua lutl akadcmik bila pelmnan daya melaksanak sebarusnya peneliti peningkalan pengem__ untulc peogswa embang mempengaruhi ang manusia dapat dimilild msi ter kemajuan melalui gun pcreut menakut perlanyaan 'ang supervisa ara pertanyaan haru kualita tertarilc alui berkembeng penelitiao sampai pengembengan bukilll semenllra selain dengao strategi seseorang dianalisa terlebih 11ya air dikembangkan gwu didilt lain bebxn seorang berbeglli pengetahuanlketerornpilan man adalab praktek ldnejjanya diwnp1111akan solusi demikian beltuga worlc eta oja telab abo rsama luar maksudnya sebenamya menptasi lllwa jadi seliingga konseolnisi modernisasi kioerja persoalan pribadinya agar mengalami tjoagi errviroiiimiii kita keluarga pengetahuan ilrnu betwenang uniuk tcrtentukanlterl 8I8U dimana menlnlkalkan bagian merencanalcan pasti alawmik selama kabupalen komponen unit mandiri diinginkan penelilian pelatiban ktle kineda bejwila pendidibn kepada deli mel supir oe1ja raga pertama meneru dibina membentu memahami perlu tuga kineljanya DP3 betsama semata imlitusi mya penumbuhan nunun apabila lebih balik pengetahuao keguaaan faktor sosiol sebagai apakah supervisi membina pegawai benni pcrobahan lainnya amatan dcmikian oepal SMP sunwu cara pertumbuhan inan IUIIU tuan7 provinsi lllllllk pengamatan sebatang bukajilah merupalan kompetensinya bcrkioelja tuntutan membaotu ptdelitlajo jumlah help dltung jika oina tingkat kb11su tanpa sudah mcndapatkan membebaninya masukan serta pelatihan dina pra kineoja bagaiman3 kaitltan slandar djwlabn menginginkan pimpinan wajar S1 dicapai kemungl gibson rival singlcat diakibatkan dibarapkan enab seluruh penlngkatan imtiiusillembap lceduruhan sem pembangunan tindakan scwa bukan akademilc kegiatan berdagang dinyatakan ham ncgeri 'itu seminar pekerjaan orpnirsi pengetabuan dalnm sambilan kritc sementara pemerhati roenyerap atasj unl siswa meningkatkan bersinetji uraian lll penelitianselanjutnya dilakulam diklal dikembaogkan mengaj ldaqjutnya bahan supc tethadap wak1ll perbal bail usaha iicari flippo perilaku tahun aqet pepwai kan berlrualita yaitu smlang diperlukan mmeru kelemahan maup1m mualab variabcl ngikuti pembelajaran baban ijwsman bennoral peodidikan pembejajaran anwa pobon mcngad bisa berbeda antara meodapatkan ldnerja ini juaa media indonesia masalab pohon ltendala pelaksanaan somber mengutamakao keberbasilan bagi mernbantu ulanlanya baik pelatibjln llulll a1a11 hal zat llaru bertani identifikasi pengawa fonnal tempat edwin berda supervisor koryawannya bcrkala ebut pendldik haro bekctja apalulh dilakukan sukse berdasalkan sesuai diadalcan suiiu ljlc'ii dilaksanakan bastl beba perfonnancc sudab variabel pendidilcan lcbih organisasifmslilusi nakuti illt ningkatan etia selalu metoda menijai dilber sebapi kecamatan membangun ditujulcan prinsi yana ncxoaunodjo sekola melaksan banya oemikian tcrhadap pclatihan dengan akan bantuan peodidilcan instansi itian pendapat service iibillty pro peda diklat lwya penyejia dia kelembapan langkab rurang makanan pene pengisian dilcna rerhadap diluar teru sekolab lvancevich suka kaja kepalo jug usu henti perusahaan bcdlagai penuli yane kiderja IW ktmampwm tinabt akademik sckolah peningbtan peningkatan runw berahlak ditetapkan memililti sbla manusianya laxcsan berpengaruli priorita tooreti lllcllingkatkan penclidilcan sumber kajian melaksanakan hanyalah lcinerja sementma tuju karyaw1uiilya juan aparat kinajallya pclaks41ulall terhadap klv kmena sean pengembenpn ranglca alau akar 'uistitusi penilaian lersebut lembqjl disosialisasikao seteloh pnya materi meoingkatbn ineljanya relatif nrtinita kekurangan den belperan kedua tersebut selanjutnya insentif teori lcemampuan didasarkan alum rumusan berdlmplk ramasaa kota ataupun benak bbupateo hasil beik swnber kinejja stakeholder tcrsebut kineqa jebib benujuan disepak mengemukakan ialami maka wilayab tertentu dil prakti sehingga sekolah girimlcan ll1ukan jao bimbingan kebutubaa olah semenlara mendatangl ebih laliban kabupaten bekerja didik lalu diteuti cmpiri melaksa scna konsejing sdtedar supenrisi pemyataan tcrnang arti toru baru pengaruh progjam setdang lab llinya sebingga memanfaatkan adaloh mengajar sllp3ya pcningkatan sepeni menyegarkan dik mdainkan dimulai administnlsi akamya capacity petuga pada kab ilmu dcnpn 1111 dati bmaitan cabang tingkal melaksanalcan ilm signifihn memaba betbogai pribedi ocpdikna 1994 uhi tllllll nasiooal mengenai lnpre ria sbop tmdolr sehat keterbatasan dalaro peset1a dcmi diterapi priosip atau bagai dilaksanabn yang sering deparumen beberapa llllluk masih llllllpwi perbedaan hanya belajar meoengah kinaja dajam tombak 8WJ pemberian dari bennanfaat perfotiii semua bisnislperosabaan sni otau kabupeten PENDAHULUAN solusinya temyala ati misalnya dlli ngkungao pcrout kinerja umumnya mcninglcallc pelatiba istilah progi3iil 2003