PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU(STUDI KASUS PADA SMP NEGERI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN)

Panjaitan, Tauhaposan (2010) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU(STUDI KASUS PADA SMP NEGERI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071188130065 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130065 Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130065 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130065 Bab I.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130065 Bab V.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130065 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah, masih kurangnya kinerja guru-guru di SMP Negeri Kecamatan Percut Sei Tuan, yang ditengarai akibat kurangnya pelaksanaan supervisi akademik yang ditindak lanjuti dengan Pelatihan guru-guru dalam metode, strategi belajar dan kebutuhan lainnya yang diperlukan dalam Proses belajar mengajar.Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi akademik dalam peningkatankinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan, (2) pengaruh pelatihan dalam peningkatan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan, dan (3) pengaruh supervisi akademik dan pelatihan secara bersama-sama dalam peningkatan kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan.Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan sebanyak 306 orang yang tersebar pada 5 SMP. Sampel penelitian berjumlah 72 orang yang diambil dengan teknik stratified random sampling Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi dan korelasi sederhana dan regresi dan korelasi ganda pada taraf signifikansi α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervisi akademik dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,354 dengan persamaan garis regresinya Y = 71,60 + 0,23X1, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pelatihan dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,473 dengan persamaan garis regresinya Y = 68,96 + 0,28X2 dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervisi akademik dan pelatihan dengan kinerja guru dengan angka korelasi 0,549 dengan persamaan garis regresinya Y = 138,80 + 0,18X1 + 0,25X2 Sumbangan yang efektif sebesar variabel supervisi akademik terhadap kinerja guru adalah 9,90%, sedangkan sumbangan efektif variabel pelatihan terhadap kinerja guru adalah 20,00%.Saran-saran yang dapat disampaikan adalah: (1) kcpala sckolah untuk memberikan supervisi akademik secara kontiniu melalui rapat koordinasi dan kunjungan kelas serta memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan potensinya untuk mengikuti pendidikan ke jenjang lebih tinggi maupun mengikuti pelatihan, (2) kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang agar memberdayakan potensi yang ada pada din guru melalui berbagai kegiatan sosialisasi maupun pelatihan sehingga performa kinerja guru dapat meningkat khususnya dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, dan (3) kepada peneliti lain bahwa penelitian ini perlu ditindak lanjuti khususnya yang berkaitan dengan variabel-variabel berbeda yang turut memberikan sumbangan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Thesis advisorSibarani, Berlin195706151982031005
Call Number: 371. 144 Pan p
Keywords: Supervisi; Akademik; Pelatihan; Strategi belajar; Belajar mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item