PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMK N 3 MEDAN T.P 2016/2017

ZALUKHU, LENNA LESTARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMK N 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121013 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121013 TABLE OF CONTENT..pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121013 TABLE OF CONTENT..pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121013 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121013 TABLE.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121013 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121013 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4132121013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132121013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132121013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok fluida statis.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah siswa 312 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan didapatkan kelas X KA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X KA-3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 25 orang. Sebelum pembelajaran dilakukan pretes kepada kedua kelas, kemudian dilaksanakan model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah selesai pembelajaran dilakukan postes untuk kedua kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay keterampilan proses sains materi fluida statis dengan jumlah soal 10 item dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 36,12 dan kelas kontrol adalah 32,52. Hasil uji kesamaan pretes kedua kelas pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 1,40, ttabel = 1,67, maka dapat diketahui kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilaksanakan model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran Langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian di kedua kelas dilakukan postes. Untuk nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 78,12 dan kelas kontrol adalah 70. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% dengan thitung = 3,26 dan ttabel = 1,67 menunjukkan keterampilan proses sains siswa dengan model Inquiry Training lebih tinggi dari pada keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran Langsung. Selain itu, dari hasil observasi didapatkan nilai rata-rata aktivitas sains siswa kelas eksperimen adalah 66,2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan keterampilan proses sains siswa kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 010
Uncontrolled Keywords: INQUIRY TRAINING, KETARAMPILAN PROSES SAINS, FLUIDA STATIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:13
Last Modified: 18 Feb 2019 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28704

Actions (login required)

View Item
View Item