ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MITRA PPL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Simorangkir, Murniaty and Ningsih, Tita Juita and Nurfajriani, ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MITRA PPL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. 05-13.

[img]
Preview
Text
Murniaty Simorangkir,Tita Juita Ningsih dan Nurfajriani.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan pp no. 19 tahun 2005, BSNP mengeluarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang wajib dilaksanakan sekolah /satuan pendidikan sebagai perwujudan pemberian otonomi luas pada setiap pendidikan. Sekolah latihan adalah mitra Unimed tempat latihan praktek kependidikan mahasiswa. Keberhasilan sekolah latihan melaksanakan KTSP akan berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan program penglaman lapangan (PPL) dalam pembentukan kompetensi profesional mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan KTSP pada pembelajaran kimia di sekolah nitra PPL Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian adalah guru kimia sekolah SMA mitra PPL Unimed di empat kabupaten dan empat kota di Sumatera Utara. Sampel diambil secara proporsional random aitu guru kimia dari 12 sekolah SMA mitra PPL Unimed. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif dengan menggunakan instrumen angket kepada 36 orang guru kimia (58,555%adalah guru pamong) dan 180 orang siswa ang dilengkapi dengan dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis data. Rata-rata keberhasilan pelaksanaan KTSP pada pembelajaran kimia SMA mitra PPL Unimed termasuk dalam kategori baik (73,13±9,30%). Namun hasil analisis dokumentasi, sebagian besar sekolah belum mengembangkan silabus kimia BSNP,modul dan pentusunan RPP yang belum sempurna. Faktor pendukung adalah teman sejawart( kelompok guru mutu pendidikan). Faktor penghambat antara lain kurang jelasnya persepsi guru kimia tentang KTSP, kurang mampunya guru mengembangkan silabus kimia dengan memanfaatkan potensi daerah, kurangnya fasilitas media belajar elektronik dan faktor onternal guru(menyita waktu dan memberatkan tugas guru).

Item Type: Article
Keywords: KTSP; Pembelajaran kimia; Sekolah mitra PPL UNIMED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Apr 2016 09:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item