HUBUNGAN PEMAHAMAN KODE ETIK GURU, KETERAMPILAN ANTAR PRIBADI DAN TINGKAT DEMOKRATISASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BINJAI

Muliadi, (2005) HUBUNGAN PEMAHAMAN KODE ETIK GURU, KETERAMPILAN ANTAR PRIBADI DAN TINGKAT DEMOKRATISASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
015030013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015030013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015030013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015030013 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015030013 Bab V.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015030013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mcngkaji : 1 ) hubungan pemaha.man kode etik guru dengan efektivitas kinerja guru SMA Nrgen di Kota limjai. 12) huhungan keterampilan antarpnhadi dengan clekti‘nas kinerja guru SMA Seger) di Kota Binjai, (3) huhungan tingkat demokratisasi kepeminpinan kepala sekolah dengan efektivitas kinerja guru SMA Negeri di Kota Binjai, dan (4) hubungan pemahaman kode etik guru, keterampilan antarpribadi, dan tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah secara bersama¬sama dengan efektivitas kinerja guru SMA Negeri di Kota Binjai. Populasi penelitian ini adalab guru-guru SMA Negeri Kota Binjai yang bedurnlah 297 orang. Sampel penelitian ini berjumlam 30 orang dan diambil secara proposional acak berstrata . Untuk pengumpulan variabel efektivitas kinerja guru (Y) lang,sung observasi kelapangan. Variabel pemahaman kode etik guru ( Xi) diukur dengan tes objektif berbentuk pilihan ganda empat opsi, sedangkan variabel keterampilan antarpribadi (X2) dan tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah (X3) digunakan instrumen berbentuk angket dengan skala Likert yang terdiri atas empat opsi. Temuan penelitian ini menu njukkan bahwa : (1) rata-rata skor pemahaman kode etik guru termasuk kategori cukup (66,67 %), (2)_ rata-rata skor keterampilan antarpribadi termasuk kategori cukup ( 60%), (3) rata-rata skor tingkat demokratisasi kepeminpinan kepala sekolah termasuk kategori cukup ( 70,00%), dan (4) rata-rata skor efektivitas kinerja guru termasuk kategori cukup (36,67 %), (5) persamaan regresi ganda Y = -1162,27 + 77,89 X1 + 5,44 X2 - 4,48 X3. (6) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman kode etik guru, keterampilan hubungan antarpribadi, dan tingkat demokratisasi kepemimpinan secara bersama-sama dengan efektivitas kinerja guru, dengan R = 0,98, (7) besarnya sumbangan relatif dan efektif pemahaman kode etik guru terhadap efektivitas kinerja guru masing-masing 61,11% dan 60,50%, (8) besamya sumbangan relatif dan efektif keterampilan antar pribadi terhadap efektivitas kinerja guru masing-masing 23,04 % dan 22,78%, (9) besarnya sumbangan relatif dan efektif tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektifitas kenerja guru masing-masing 15,75% dan 15,59%.Disimpulakan bahwa semakin tinggi pemahaman kode etik guru, keterampilan antar pribadi dan tingkat demokratisasi kepemimpinan kepala sekolah, semakin efektiflah kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abd. Muin195810081981031002
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Call Number: 373.238 Mul h
Keywords: Kode etik guru; ketrampilan antar pribadi; Demokratisasi; Kepemimpinan; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item