PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBUL

SIHITE, TITIN AFRIDA (2017) PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133311052 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133311052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133311052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133311052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133311052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133311052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text
7. NIM. 4133311052 TABLES.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133311052 GRAFIC.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133311052 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133311052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4133311052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text
10. NIM. 4133311052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan koneksi matematis siswa melalui upaya-upaya dan strategi yang digunakan dengan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana untuk siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam sekali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Sumbul. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik di kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Sumbul. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan koneksi matematis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata tes kemampuan koneksi matematis siswa dari tes diagnostik, siklus I, dan siklus II, yakni dari 41.63 dengan tingkat kemampuan sangat kurang di tes diagnostik menjadi 69,52 dengan tingkat kemampuan kurang di siklus I dan menjadi 80,8 dengan tingkat kemampuan baik di siklus II. Ketuntasan belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan secara klasikal dari tes diagnostik, siklus I, dan siklus II, yakni dari 0 (0%) siswa yang tuntas di tes awal menjadi 20 (55,5%) siswa yang tuntas di siklus I dan menjadi 31 (86,11%) siswa yang tuntas di siklus II. Selain itu, ditinjau dari setiap aspek koneksi matematis, persentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan. Pada aspek a). koneksi antar topik matematika, diperoleh 7 siswa (19,44%) tuntas pada tes diagnostik, 26 siswa (72,22%) tuntas pada siklus I, dan 29 siswa (80,55%) tuntas pada siklus II, b). koneksi dengan bidang ilmu lain, diperoleh 6 siswa (16,6%) tuntas pada tes diagnostik, 19 siswa (52,77%) tuntas pada siklus I, dan 33 siswa (91,66%) tuntas pada siklus II, dan c) koneksi dengan dunia nyata, diperoleh 6 siswa (16,6%) tuntas pada tes diagnostik, 23 siswa (63,88%) tuntas pada siklus I, dan 29 siswa (80,55%) tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa mengalami peningkatan melalui pendekatan matematika realistik di kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Sumbul dengan dilihat dari kemampuan rata-rata siswa, persentase ketuntasan klasikal siswa, dan persentase ketuntasan siswa pada setiap aspek koneksi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Call Number: SK-2018 MAT 033
Keywords: Kemampuan koneksi matematis, Pendekatan matematika realistik, Sistem persamaaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28633

Actions (login required)

View Item View Item