PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN

BUTAR-BUTAR, NOVIA GABRIELA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133311056. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133311056. COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133311056. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133311056. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133311056. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133311056. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133311056. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133311056. PREFACE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133311056. TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133311056. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133311056. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133311056. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133311056. TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133311056. TABLES.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133311056. APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133311056. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133311056. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133311056. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133311056. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133311056. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133311056. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133311056. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan peluang pada kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada Medan dan objek penelitian ini adalah tingkat motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Operasi peluang pada kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 6dari 25 siswa atau 24% dengan rata-rata kelas 48.13. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 9 dari 25 siswa atau 36% dengan rata-rata kelas 60.53. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 20 dari 25 siswa atau 80% dengan rata-rata kelas 75.21. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II. Dan dari hasil angket motivasi belajar awal diperoleh motivasi siswa untuk belajar matematika berada di kategori rendah dengan rata-rata kelas 61.76%. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD diperoleh motivasi siswa untuk belajar matematika berada dikategori sedang dengan rata-rata kelas 73.4%. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh motivasi siswa untuk belajar matematika berada dikategori sedang dengan rata-rata kelas 79.56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaraan kooperatiftipe STAD di kelas XI IPA SMA Swasta Gajah Mada meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 035
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH; STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:09
Last Modified: 21 Mar 2018 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28631

Actions (login required)

View Item
View Item