PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK TR SINAR HUSNI TAHUN AJARAN 2017/2018

SAGALA, WIJAYA PUTRA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK TR SINAR HUSNI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5132131018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5132131018 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5132131018 APPROVAI SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5132131018 APPROVAI SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5132131018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5132131018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5132131018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5132131018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5132131018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5132131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5132131018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5132131018 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5132131018 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5132131018 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5132131018 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5132131018 APENDICES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5132131018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5132131018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5132131018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5132131018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5132131018 BLIBLOGRAPY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5132131018 BLIBLOGRAPY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question pada kompetensi dasar pekerjaan dasar elektromekanik di kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta TR Sinar Husni, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar pekerjaan dasar elektromekanik di kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta TR Sinar Husni, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK TR Sinar Husni yang berjumlah 252 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi dasar pekerjaan dasar elektromekanik di kelas eksperimen (menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question) diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,00 dan standar deviasi 6,270 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 83,33%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Ekpositori) diperoleh nilai rata-rata 72,44 dan standar deviasi 7,268 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 55,46 %. Hasil uji-t diperoleh nilai t_hitung>t_tabel(4,722 > 1,666)., yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik siswa Kelas X SMK TR Sinar Husni tahun ajaran 2017/2018 yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 011
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Learning Starts With A Question, Eksppositori, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:07
Last Modified: 17 Jul 2019 10:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28606

Actions (login required)

View Item
View Item