PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP ETIKA SOPAN SANTUN MAHASISWA DI FIP UNIMED TA.2017/20187

Rambe, Ilhamsyah (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP ETIKA SOPAN SANTUN MAHASISWA DI FIP UNIMED TA.2017/20187. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133351013_COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133351013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133351013_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133351013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133351013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133351013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133351013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133351013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133351013_BAB I.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133351013_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133351013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap etika sopan santun mahasiswa jurusan Bk Fip Unimed tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode teknik diskusi terhadap Bk Fip Unimed tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pre-test dan post-tes grup desain. Subjek penelitian ini adalah 8 Mahasiswa Jurusan BK FIP UNIMED. Data penelitian dikumpulkan dengan dengan menggunakan angket etika sopan santun sebanyak 25 butir soal (valid) yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kompok teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap etika sopan santun mahasiswa diperoleh nilai rata-rata pre-test = 47,5 dan Standart Deviasi (SD) = 1,41 sedangkan nilai rata-rata post-test = 83,5 dan Standar Deviasi (SD) = 2,07 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan etika sopan santun mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 25 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 7, α = 0,05 penguji dua arah J0,05 = 2. Oleh karena J0,05(2) > J (0) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa etika sopan santun mahasiswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi tidaklah sama, dalam hal ini mahasiswa yang telah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi mempunyai etika sopan santun yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, -196105111986012001
Call Number: SK-2018 BK 002
Keywords: ETIKA SOPAN SANTUN, BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK DISKUSI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28596

Actions (login required)

View Item View Item