PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Pakpahan, Septia Armayanti (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133341049 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133341049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133341049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133341049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133341049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133341049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133341049 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133341049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133341049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133341049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133341049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Virus di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Mia sebanyak 6 kelas dan Sampel acak (random sampling) yaitu kelas X Mia1 untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind map dengan jumlah siswa 38 orang, kelas X Mia2 untuk kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan jumlah siswa 38 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Dari hasil analisis data diproleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen Mind map 71,61: SD 5,96 dan kelas kontrol 54.18: SD 8,34 dan dilakukan uji t dengan pada taraf signifikan = 0,05. Secara statistik diproleh thitung < ttabel (0,0042 < 1,99392), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok virus di kelas X Mia SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRestuati, Martinanidn0021036307
Call Number: SK-2018 BIO 005
Keywords: Pengaruh, Hasil Belajar, Mind Map
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28578

Actions (login required)

View Item View Item