PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Nisya, Khairun (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133121025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133121025 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133121025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133121025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133121025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133121025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133121025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133121025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133121025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133121025 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133121025 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133121025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133121025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133121025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133121025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133121025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133121025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training (IT) berbantuan Macromedia Flash pada materi suhu dan kalor.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN Rantauprapat T.P. 2016/ 2017 sebanyak 4 kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 39 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran IT berbantuan Macromedia Flash dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 39 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa test uraian 10 soal, observasi sikap dan keterampilan proses sains siswa (KPS).
Analisis data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran IT berbantuan Macromedia Flash diperoleh nilai rata-rata Pre-test 30,51 dan nilai rata-rata Post-test 75,29. Hasil uji normalitas, homogenitas, dan uji t dua pihak, data pretes kedua kelas berdistribusi normal, homogen dan berkemampuan awal sama. Hasil uji t postes thitung adalah 3,24 sedangkan ttabel adalah 1,668 menunjukkan thitung > ttabel. Hal ini menyatakan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training (IT) berbantuan Macromedia Flash secara signifikan terhadap keterampilan proses sanis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 032
Uncontrolled Keywords: Model IT, KPS, Macromedia Flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:01
Last Modified: 24 Feb 2018 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item
View Item