HUBUNGAN MINAT MASUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X DI SMK SWASTA RAKSANA 1 MEDAN T.A 2017/2018

Manik, Samuel P. (2017) HUBUNGAN MINAT MASUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X DI SMK SWASTA RAKSANA 1 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 5123321035 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123321035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123321035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123321035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123321035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123321035 APENDICES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123321037 TABLE.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123321035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5123321035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123321035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan minat masuk sekolah menengah kejuruan dan motivasi belajar dengan hasil belajar menggambar teknik siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Swasta Raksana 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Swasta Raksana 1 Medan berjumlah 62 orang dengan jumlah sampel 50 orang yang dicari menggunakan table Krecjie dan Morgan. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket yang dijaring adalah variabel minat masuk sekolah menengah kejuruan dan motivasi belajar. Sedangkan untuk variabel hasil belajar mata pelajaran menggambar teknik dijaring dengan menggunakan dokumentasi dari guru mata diklat. Uji coba instrumen di SMK Ris Maduma Sumbul yang dihitung dengan korelasi product moment. Jumlah instrument angket minat masuk sekolah menengah kejuruan sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,918 reliabilitas tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen angket motivasi belajar sebanyak 30 soal dan 27 soal yang valid dengan reliabilitas 0,934 dan tergolong reliabilitas yang sangat tinggi. Hasil identifikasi tingkat kecenderungan variabel minat masuk sekolah menengah kejuruan siswa kelas X SMK Swasta Raksana 1 Medan berada dalam kategori cukup yakni 78% sementara motivasi belajar berada dalam kategori cukup yakni 58% dan hasil belajar menggambar teknik berada dalam kategori tinggi yakni 52%. Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa minat masuk sekolah menengah kejuruan dan motivasi belajar (Ha diterima) dengan rhitung = 0,34>rtabel = 0,279 dan besar thitung = 3,49>ttabel = 2,01, hasil belajar menggambar teknik dan motivasi belajar (Ha diterima) dengan ry.2,1 = 0,282>rtabel = 0,249 dan besarthitung = 0,559>ttabel = 0,349, minat masuk sekolah menengah kejuruan dan hasil belajar menggambar teknik dengan motivasi belajar (Ha diterima) dengan R = 0,459>rtabel = 0,349 dan besar Fhitung = 11,99>Ftabel = 2,045.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Janter P.197104101999031002
Call Number: SK-2018 MSN 010
Keywords: Minat Masuk Sekolah Menengah Kejuruan, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 16:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28533

Actions (login required)

View Item View Item