EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

Suryani, Widya (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156176027 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156176027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156176027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156176027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156176027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156176027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156176027 TABLES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156176027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156176027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156176027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156176027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: keterampilan proses sains yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran konvensional di atas rata-rata, dan interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan semester I tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran konvensional di atas rata-rata, dan terdapat interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan mind mapping dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHARAHAP, MARA BANGUN19560303 198403 1 003
Thesis advisorSINULINGGA, KARYA196012251987031005
Call Number: 530.071 Sur e
Keywords: Model Scientific Inquiry Menggunakan Mind Mapping, Kemampuan berpikir Kritis, Keterampilan proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 16:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28522

Actions (login required)

View Item View Item