PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MODUL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI LUBUK PAKAM

Purba, Roslianna (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MODUL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188430030_KataPengantar.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430030_Abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430030_DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430030_Bab_I.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430030_Bab_V.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430030_DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh urutan penyajian materi modul dan motivasi berprestasi siswa, dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran modul dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini mertipakan penelitian kuasi eksperimen dan dilakukan di SMA Negeri Lubukpakam. Total populasi berjumlah 275 siswa dengan jumlah sampel 100 siswa yang diambil berdasarkan tingkat motivasi berprestasi siswa. Sampel dari SMA Negeri 1 Lubukpakam strategi pembelajaran modul urutan UCL sebanyak 50 siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, sedangkan 50 siswa di SMA Negeri 2 Lubukpakam yang memiliki motivasi tinggi dan rendah mendapat perlakuan strategi pembelajaran modul dengan urutan LUC. Data hasil belajar diukur dengan tes pilihan ganda dengan lima pilihan alternative (reliabilitas = 0,881, Spearman-Brown) sedangkan motivasi berprestasi diukur dengan angket (reliabilitas = 0,959, Spearman-Brown). Data diuji normalitas (uji Liliefors) dan homogenitasnya (uji Barllett) terlebih dahulu sebelum dianalisis (uji hipotesis penelitian) dengan analisis variansi dua jalur (two ways of anava) pada a < 0,05. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan urutan penyajian LUC lebih tinggi daripada UCL (Flutung = 8,05 > F 0,05(1,96) = 3,94; a = 5%), dan hasil belajar biologi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari siswa yang motivasi berprestasi rendah (Fhrmg = 12,97 > F0,05 (1,96) = 3,94; a = 5%) juga berpengaruh signifikan terhadap Strategi pembelajaran modul dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar biologi siswa (Fhitung = 16,87 > F 095 (1,96) = 3,94; a = 5%). Uji lanjut dengan uji Scheffe dibuktikan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan urutan penyajian LUC lebih tinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan UCL. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah lebih tinggi hasil belajarnya bila dibelajarkan dengan urutan penyajian UCL dibanding LUC.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Keywords: Motivasi berprestasi; Hasil belajar Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item