PENGARUH PUPUK UREA TERHADAP TANAMAN SAWI

Sinaga, Yenni Wati and Kesumawati, Diah (2017) PENGARUH PUPUK UREA TERHADAP TANAMAN SAWI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YW Sinaga, D Kesumawati.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk Urea terhadap pertumbuhan tanaman sawi. Kegunaan dari hasil penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan pembanding untuk penelitian selanjutnya terutama yang berhubungan dengan penggunaan pupuk Urea. Jumlah polybag yang digunakan adalah 24 dan setiap 4 polybag diberi dosis 0 gr, 0.05 gr, 0.10 gr, 0.15 gr, 0.20 gr, 0.25 gr. Cara perolehan data dilakukan dengan pengukuran pertambahan tinggi tanaman, lebar daun, jumlah daun, warna daun dan produksi daun. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa pemberian pupuk Urea berpengaruh terhadap tanaman sawi. Dimana perbedaan antara tanaman sawi antara yang diberi pupuk dengan yang tidak tidak menunjukkan perbedaan secara morfologi terdapat perbedaan ukuran dan lama waktu hidup. Pada tanaman yang diberi kadar pupuk 0.10- 0.25 yang mati diperkirakan karena pemberian kadar pupuk yang berlebihan Penggunaan Urea yang berlebihan mengakibatkan turunnya pH tanah sehingga mikriflora dan fauna mati, tanah menjadi padat dan tata aerasi tanah menjadi jelek, yang akhirnya menghambat perkembangan akar dan pertumbuhan tanaman.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Tanaman sawi; urea; pengaruh pupuk
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S589.8 Plant growing media. Potting soils
S Agriculture > SB Plant culture > SB599 Pests and diseases > SB950 Pest control and treatment of diseases. Plant protection > SB974 Organic plant protection. Biological control
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28471

Actions (login required)

View Item View Item