PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DIPADU METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT INDERA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH

Fernando, Yuliana and Fakhrah, Rahmawati (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DIPADU METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT INDERA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Y Fernando, R Fakhrah.pdf]
Preview
Text
Y Fernando, R Fakhrah.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang: Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dipadu Metode Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Alat Indera Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah telah dilakukan pada semester genap Tahun ajaran 2015-2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dipadu metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi alat indera manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan cara diacak. Sehingga didapatkan kelas XI MIA-1 sebagai kelas ekskperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dipadu metode Two Stay Two Stray dengan jumlah siswa 17 orang dan XI MIA-2 sebagai kelas control denan jumlah siswa 19 oang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dipadu metode Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi alat indera manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa < yaitu 0,033 < 0,05.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; metode Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:04
Last Modified: 25 Jan 2018 06:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28470

Actions (login required)

View Item
View Item