PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN RANTAUPRAPAT

Aminah, Wasri and Hasruddin and Diningrat, Diky Setya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN RANTAUPRAPAT. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of W Aminah, Hasruddin, DS Diningrat.pdf]
Preview
Text
W Aminah, Hasruddin, DS Diningrat.pdf - Published Version

Download (954kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan advance organizer terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi materi Sistem Pernapasan di MAN Rantauparapat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Rantauprapat yang berjumlah 137 siswa terdiri dari 4 kelas (XI1 berjumlah 32 siswa, XI2 berjumlah 35 siswa, XI3 berjumlah 35 siswa dan XI4 berjumlah 35. Sampel yang digunakan kelas XI2 dengan model inkuiri, kelas XI3 dengan model advance organizer, dan kelas XI4 dengan model konvensional. Instrumen pengumpulan data kemampuan berpikir tingkat tinggi berbentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kovariat (anakova) dengan α = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh: Hasil anakova menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dan advance organizer berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 466,66; P = 0,000). Model pembelajaran Inkuiri memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 31,21%. Model pembelajaran advance organizer memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 28,92% bila dibandingkan dengan kelas konvensional. Uji Tuckey,s menunjukkan letak perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi terletak pada model pembelajaran inkuiri-konvensional dan advance organizer-konvensional sedangkan pada model pembelajaran inkuiri-advance organizer tidak berbeda signifikan. Dari data diatas diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dan advance organizer terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi materi Sistem Pernapasan di MAN Rantauparapat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Advance Organizer; Inkuiri; Sistem Pernapasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RC Internal medicine > RC581 Specialties of internal medicine > RC705 Diseases of the respiratory system
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 05:54
Last Modified: 25 Jan 2018 05:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

View Item
View Item