PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS XI IPA SMA SMA ISTIQLAL DELITUA T.P. 2015/2016

Nasution, Suci Handayani (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DI KELAS XI IPA SMA SMA ISTIQLAL DELITUA T.P. 2015/2016. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SH Nasution.pdf]
Preview
Text
SH Nasution.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan strategi index card match di kelas XI IPA SMA Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian berjumlah 40 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar serta lembar observasi aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. Kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus I: siswa menulis catatan penting, pada siklus II: peneliti memberi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kartu indeks, pada siklus III: peneliti memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan siswa sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap siklus, secara klasikal aktivitas visual dari siklus I sampai siklus III meningkat 23,44%, aktivitas mendengarkan meningkat dari siklus I sampai III 22,68%, aktivitas oral meningkat dari siklus I sampai III 21,87%, aktivitas menulis meningkat dari siklus I sampai siklus III 22,65%. Untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 71,8 dan ketuntasan secara klasikal 57,5% (tidak tuntas), pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 78,8 dan ketuntasan secara klasikal 75% (tidak tuntas), pada siklus III diperoleh rata-rata nilai 88,4 dan ketuntasan secara klasikal 100% (tuntas) . Hal ini berarti bahwa penerapan strategi index card match di kelas XI IPA SMA Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa dari siklus I sampai siklus III.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Seminar; Nasional, Diseminasi; Penelitian Tindakan Kelas; Index Card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:06
Last Modified: 25 Jan 2018 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28460

Actions (login required)

View Item
View Item