PENGARUH PEMBERIAN PUPUK UREA TABLET TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PANEN TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Rahmayanti, Saudah and Siregar, A.R. (2017) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK UREA TABLET TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL PANEN TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of S Rahmayanti, AR Siregar.pdf]
Preview
Text
S Rahmayanti, AR Siregar.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah apakah ada pengaruh pemberian pupuk urea tablet terhadap pertumbuhan dan hasil panen tanaman mentimun. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pada dosis keberapa pemberian pupuk urea tablet yang paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil panen tanaman mentimun (Cucumis sativus L.). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Non Faktorial. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan sehingga jumlah unit percobaan 25 unit, dengan ukuran yang diteliti adalah D0 = 0,0 gr/tanaman; D1 = 1,5 gr/tanaman; D2 = 3,0 gr/tanaman; D3 = 4,5 gr/tanaman; D4 = 6,0 gr/tanaman. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total dimana dalam 1 unit percobaan atau 1 plot terdiri dari 2 tanaman sehingga diperoleh 50 tanaman, sedangkan parameter yang diamati adalah tinggi, jumlah ruas batang dan berat buah. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Varians (ANAVA) Non Faktorial yang di asumsikan :
Y〖_ij〗= μ+ ρj+Tj+∑▒ij
Dari hasil penelitian ternyata pemberian pupuk urea tablet berpengaruh terrhadap pertumbuhan yaitu pada tinggi tanaman dan hasil panen dimana F hitung > Ftabel sedangkan pada jumlah ruas batang sama sekali tidak ada pengaruh karena Fhitung < Ftabel dan dosis pupuk yang paling baik adalah 4,5 gr/tanaman.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pupuk Urea Tablet; Tanaman Mentimun; Pertumbuhan dan Hasil Panen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S589.8 Plant growing media. Potting soils
S Agriculture > SB Plant culture > SB599 Pests and diseases > SB950 Pest control and treatment of diseases. Plant protection
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:51
Last Modified: 25 Jan 2018 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28455

Actions (login required)

View Item
View Item