PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDIKSI-OBSERVASI-EXPLANASI) DENGAN TPS (THINK – PAIR- SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BALIGE T.A 2013/2014

Simarmata, Remli Nelmian and Djulia, Ely (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDIKSI-OBSERVASI-EXPLANASI) DENGAN TPS (THINK – PAIR- SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BALIGE T.A 2013/2014. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
R Simarmata, E Djulia.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa SMA mengalami kesulitan untuk mempelajari proses fisiologis yang perlu dianalisis, penalaran dan keterampilan berpikir kritis. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan Pembelajran baru untuk meningkatkan prestasi belajar biologi. Guru harus mencari cara terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan TPS (Think-Pair -Share) pada keterampilan berpikir kritis siswa pada topik sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan eksperimental kuasi dengan desain kelompok uji post test setar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 2 Balige. Ada dua kelas yang dipilih sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Satu kelas diajarkan dengan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) sementara kelas lainnya diajarkan dengan model pembelajaran TPS (Think-Pair -Share). Uji instrumen yang digunakan adalah tes berpikir kritis dalam bentuk esai dengan lima pertanyaan. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa nilai rata - rata posttest berpikir kritis pada kelompok POE lebih tinggi dari kelompok TPS (79,81 ± 5,71> 70,6 ± 7,18) dengan bobot lebih tinggi dari ttabel (bobot = 5,761> ttabel = 1,669). Dengan demikian, Ha diterima sehingga ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan oleh POE (Predict-Observe-Explanation).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: POE (Predict-Observe-Explain) model; TPS (Think–Pair–Share); critical thinking skill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28445

Actions (login required)

View Item View Item