PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD DEWI SARTIKA TP. 2015-2016

Aini, Rosida and Suyanti, Retno Dwi and Hasibuan, Sanusi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD DEWI SARTIKA TP. 2015-2016. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
R Aini, RD Suyanti, S Hasibuan.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis. (1) Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif dan model direct instruction terhadap hasil belajar IPA siswa, (2) Pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPA siswa. (3) interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment).Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dewi Sartika Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model kontekstual berbasis kolaboratif dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes hasil belajar IPA, dan lembar angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran direct instruction.Siswa dengan motivasi tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa dengan motivasi rendah.Dalam penelitian ini membuktikan terjadi interaksi antara model pembelajaran dan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa.Hasil penelitan ini menyarankan bahwa model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif merupakan solusi dan alternatif pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar; Motivasi; Kontekstual; Kolaboratif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28441

Actions (login required)

View Item View Item