PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA SMA BUDISATRYA MEDAN

Wulan, Putri and Hasruddin, and Gultom, Tumiur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA SMA BUDISATRYA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
P Wulan, Hasruddin, T Gultom.pdf - Published Version

Download (939kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Budisatrya Medan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model (Pembelajaran Berbasis Masalah, Investigasi Kelompok, dan Konvensional) terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi keanekaragaman hayati (flora) kelas X SMA Budisatrya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas, kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah, kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Investigasi Kelompok, dan Kelas X1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: uji bentuk tes esai keterampilan pemecahan masalah adalah 20 pertanyaan. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan Anacova dengan tingkat signifikansi α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheff dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh model (Pembelajaran Berbasis Masalah, Investigasi Kelompok, dan Konvensional) terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Kemampuan memecahkan masalah siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah 80,85 ± 8,86 lebih tinggi dan berbeda secara signifikan dari model Investigasi Kelompok 73,54 ± 9,87 dan Konvensional 65,63 ± 11,22.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Investigasi Kelompok; Keterampilan Memecahkan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 02:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28439

Actions (login required)

View Item View Item