PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY DAN FREE DISCOVERY TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN SMA NEGERI 7 MEDAN

Purba, Nurhaida Natalia and Djulia, Ely (2017) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY DAN FREE DISCOVERY TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN SMA NEGERI 7 MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NN Purba, E Djulia, Hasruddin.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery (GD) dan Free Discovery (FD) terhadap pengetahuan prosedural siswa pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 7 Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 6 dengan model GD,kelas XI MA 5 dengan modelFDdan XI MIA 4 dengan model konvensional. Masing-masing kelas berjumlah 38 siswa sehingga total sampling adalah 114 siswa.Desain penelitian yang digunakan adalah pretes-postes design. Pretes diberikan sebelum model pembelajaran diterapkan sedangkan postes diberikan setelah pembelajaran berakhir.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data dianalisis dengan teknik analisis kovariat (Anacova) dilanjutkan dengan uji Tukey’s dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran (GD, FD dan konvensional) terhadap pengetahuan prosedural (F = 5,144 ; P = 0,007). Uji Tukey’s menunjukan bahwa pengetahuan prosedural yang dibelajarkan dengan model GD tidak berbeda secara signifikan dengan model FD (P=0,394) tetapi berbeda secara signifikan dengan pembelajaran konvensional (P=0,003). Pengetahuan prosedural siswa yang dibelajarkan dengan model FD tidak berbeda secara signifikan dengan pembelajaran konvensional (P=0,087). Pengetahuan prosedural siswa yang dibelajarkan dengan model GD (72,34 ± 9,34) lebih tinggi dari model FD (70,37± 9,51) dan konvensional (67,13 ± 10,55).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model Pembelajaran; Guided Discovery; Free Discovery; Pengetahuan Prosedural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RC Internal medicine > RC581 Specialties of internal medicine > RC705 Diseases of the respiratory system
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 02:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28437

Actions (login required)

View Item View Item