IDENTIFIKASI JENIS KUPU – KUPU DI KAWASAN WISATA TERJUN BARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

Sipahutar, Nur Ainun (2017) IDENTIFIKASI JENIS KUPU – KUPU DI KAWASAN WISATA TERJUN BARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NA Sipahutar.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis kupu-kupu di kawasan wisata Terjun Baru, dan menjadikan hasil penelitian sebagai sumber belajar yang relevan dengan konsep keanekaragaman hayati. Penelitian dilakukan dari bulan September sampai Oktober 2016. Penentuan garis transek berdasarkan perbedaan karakteristik habitat. Kupu-kupu dapat dijumpai disetiap tipe habitat. Garis transek I adalah jalan menuju kawasan wisata Terjun Baru merupakan sebagian hutan sekunder dan pemukiman warga. Garis transek II adalah daerah sekitar Terjun Baru yaitu hutan lindung dan sungai kecil atau aliran dari air Terjun Baru. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 174 individu kupu-kupu yang terdiri 78 spesies dari famili Nymphalidae, 70 spesies dari famili Pieridae, dan 26 spesies dari famili Papilionidae. Indeks keanekaragaman spesies tertinggi dari famili Nymphalidae (H’= 0,45), yang kedua dari famili Pieridae dan yang terendah dari famili Papilionidae (H’= 0, 15). Koleksi dan foto dari spesimen dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi pada konsep keanekaragaman hayati.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kupu-Kupu; Keanekaragaman; Terjun Baru; Sumber Belajar
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates > QL461 Insects
S Agriculture > SF Animal culture > SF518 Insect rearing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28433

Actions (login required)

View Item View Item