kelompok iwll dibanding pemilihan bcrbeda mcujadi mcrancang bcrilcut kcsimpulan bcbo ajar kabopaleo roempcrl lknlasoltan basil pcmbelajanm dao pcngelola blik adalah untuk jigsaw mala kekunonp pcnyelcngpa mcmbual mbaogao swa siswa khususnya kooperaliftipe yattg memilih upaya ditcrimanya bail ltar kdiga n3g hendaknya dalmya pelajaran kinmya prose memiliki yaitu dalam ioaik dalgan altan memililci diajar ekosi kiraoya variabcl van diajiit kabopotco nclitian SMA jnfoidlasi ope konvmsional ini berlangsuog rrgsaw pcocliu iki bagi scpcr1i belajw lgi llcnlawkan menjadi begi dcngan hal ada pembclajaran model batujuan tingbl lnfomu AN sllu linggj biologi peni adopsi pembclajatan atbn bipolcsi koopcrllif pooda lagi pembclajarno bcrtaitao rubanlu SARAN maleri clompok lcbih diberibo r1a1am cnl bebjw BABV kelompot qlot dilezapkm adoj negeri dan IMPLIKASI mcmi miliki ktsimpulm empat rnab lercapai kclompnk deopn dapal sisw merldapatlaut rcndah r1ama n1a tipe guru penelitian mcning mpewlch dapol dapd nlilikl peodjdik implik 1cm pcrlu KBM pernbclajaran mpedjatilcun sdrobll jir modd pcr1u rnosi gsaw mocle lanjutun KESIMJ'UI simpang sciulli si n18ka tinggi d41am bclaja llgllll 8il8 lati adopoi kon pembeiajanm mempcroleh rui diajat empa1 clo hipo4r llk biok pcmbclaj mob peoelilian mcmpcrbatibo membual metnperbaiki kondusif pernbclajanm rimanyu hasil ioodel dapat informasi lujuan 'iti mempennudah malcri maka tepol sdiap clori pethatiatmya ann lebib ocogao ipi wlllllt bralcleristik mcmusalbn mcnyampaibo peltloaidah iu3 porn lapal dik scbingp memilil lcartui tinggj bclajar pada pokok koopcralif bct negeti adop odalt pendidibn 8enbsarkan bclajor konvcnsiooal mcmiliki opi kcdua asi pibak yang scbagal lnf pcztirnborlgan dilcrimaoya lebih inforrn bcodaknya penclitiao rnanperolcb belajar sebagai pembebjaran clenpl disatanbn lcondusif dari pihak lnfonnasi modcl aro dikemultakan penclilian DAN infonnasi peogelola nnui hipolcsi doo pembcltj saw salah