KAPASITAS PENYERAPAN DAN PENYIMPANAN AIR PADA BERBAGAI UKURAN POTONGAN ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) SEBAGAI TANAMAN AIR YANG BERSIFAT GULMA

Hutabarat, Mindo Lilis and Pasam, Wulan Sari Wedari and Hasanah, Arisah and Harahap, Fauziyah (2017) KAPASITAS PENYERAPAN DAN PENYIMPANAN AIR PADA BERBAGAI UKURAN POTONGAN ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) SEBAGAI TANAMAN AIR YANG BERSIFAT GULMA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ML Hutabarat, WSW Pasam, A Hasanah, F Harahap.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview

Abstract

Enceng gondok ialah tumbuhan air yang berkembang biak dengan cepat dalam waktu cepat. Pada perairan yang dalam, enceng gondok tumbuh dengan cara mengambang. Sedangkan pada perairan yang dangkal, enceng gondok tumbuh dengan membentuk akar pada lumpur. Enceng gondok menyerap air dengan cepat. Hal inilah yang membuat enceng gondok kerap dianggap gulma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas penyerapan dan penyimpanan air oleh Eichhornia crassipes pada berbagai ukuran potongan. Penelitian menggunakan RAL, dengan perlakuan tunggal, terdiri dari 3 taraf perlakuan ukuran potongan yaitu 0,5 cm, 1 cm, dan 1,5 cm. masing-masing perlakuan dengan 3 ulangan. Kesimpulannya adalah bahwa ukuran potongan berpengaruh terhadap kapasitas penyerapan dan penyimpanan air, kapasitas penyerapan tertinggi pada potongan 0,5 x 0,5 cm dan kapasitas penyimpanan tertinggi pada potongan 1,5 x 1,5 cm.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Eichhornia crassipes; eceng gondok; gulma air
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SB Plant culture > SB599 Pests and diseases > SB608 Individual or types of plants or trees
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28425

Actions (login required)

View Item View Item