ANALISIS KEBUTUHAN BUKU AJAR BERBASIS RISET BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Harahap, Miftah Arina and Harahap, Fauziyah and Gultom, Tumiur (2017) ANALISIS KEBUTUHAN BUKU AJAR BERBASIS RISET BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MA Harahap, F Harahap, T Gultom.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar berbasis riset budidaya sayuran hidroponik pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan di Universitas Negeri Medan yang selanjutnya dijadikan sebagai pijakan untuk pengembangan buku ajar. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada Mahasiswa yang sedang menerima mata kuliah Fisiologi Tumbuhan serta mewawancarai Dosen pengampu mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Perolehan jawaban mahasiswa dijumlahkan, dirata-ratakan, diubah kedalam bentuk persentase kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 67% mahasiswa mengatakan mata kuliah fisiologi tumbuhan sangat penting sedangkan 33% lainnya mengatakan penting. Sebanyak 55% mahasiswa hanya memiliki dan menggunakan satu buku ajar fisiologi tumbuhan, dan tidak memiliki buku pendamping lainnya. Sebanyak 54% mahasiswa berpendapat bahwa buku ajar yang mereka gunakan belum lengkap dan perlu adanya penyempurnaan. Buku yang digunakan masih berbasis konten belum dilengkapi dengan penelitian-penelitian terkait. Sebanyak 51% mahasiswa berpendapat bahwa buku ajar fisiologi tumbuhan disertai dengan riset sangat penting. Sebanyak 54% mahasiswa berpendapat materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan disertai dengan riset sangat penting, sedangkan 46% lainnya mengatakan penting. Sebanyak 73% mahasiswa berpendapat dengan adanya buku yang disertai riset dapat membantu mahasiswa dalam melakukan riset. Sebanyak 51% mahasiswa mengatakan sangat butuh buku tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berbasis riset untuk membudidayakan sayuran dengan teknik hidroponik, dan 49% lainnya mengatakan butuh. Sebanyak 53% mahasiswa setuju jika dikembangkan buku ajar tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan berbasis riset budidaya sayuran hidroponik pada mata kuliah fisiologi tumbuhan dan 45% lainnya mengatakan setuju. Hasil tersebut menunjukkan buku yang digunakan masih belum lengkap dan perlu adanya pengembangan untuk menyempurnakannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Analisis kebutuhan; Budidaya sayuran hidroponik; Buku ajar berbasis riset; Fisiologi tumbuhan
Subjects: Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
S Agriculture > S Agriculture (General) > S589.8 Plant growing media. Potting soils
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28419

Actions (login required)

View Item View Item