PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN PENGETAHUAN AWAL SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SMA SWASTA HANG TUAH BELAWAN

Ridho, Muhammad and Hasruddin, and Djulia, Ely (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN PENGETAHUAN AWAL SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SMA SWASTA HANG TUAH BELAWAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
M Ridho, Hasruddin, E Djulia.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi, torso, dan gambar dan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan makanan manusia kelas XI di SMA Swasta Hang Tuah Belawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan penelitian pretest-postest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan konvensional. Pada kelas XI IPA1 diterapkan media animasi, kelas XI IPA2diterapkan media torso, dan kelas XI IPA3 diterapkan media konvensional. Soal kemampuan berpikir kritis berbentuk soal essay. Teknik analisis data menggunakan Analisis Covarian (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Tukey dengan bantuan software SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (2) Terdapat pengaruh media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F= 16,26; P= 0,00). Siswa yang dibelajarkan dengan media animasi secarasignifikan berbeda dengan siswa yang dibelajarkan dengan media gambar tetapi tetapi tidak berbeda signifikan yang dibelajarkan dengan media torso; dan (2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F = 24,686; P = 0,000). Siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan media animasi, torso dan gambar secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kamampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan media animasi, torso dan gambar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media animasi dan pengetahuan awal lebih baik dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar, dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Animasi, Pengetahuan Awal, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RC Internal medicine > RC581 Specialties of internal medicine > RC705 Diseases of the respiratory system
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28414

Actions (login required)

View Item View Item