PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN RESITASI DENGAN BRAINSTORMING PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

Jamhari, Muhammad and Sembiring, Mulia and Prastowo, Puji (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN RESITASI DENGAN BRAINSTORMING PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
M Jamhari, M Sembiring, P Prastowo.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran resitasi dengan brainstorming pada materi pokok sistem gerak manusia di kelas XI-IPA MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2008/2009. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas, yaitu kelas XI-IPA 1 sebanyak 40 siswa dan kelas XI-IPA 2 sebanyak 40 siswa, dengan jumlah siswa sebanyak 80 orang. Satu kelas yaitu XI-IPA 1 diajar menggunakan strategi pembelajaran resitasi sedangkan kelas yang lain yaitu XI-IPA 2 diajar menggunakan strategi pembelajaran brainstorming. Setelah kegiatan belajar mengajar berakhir, maka dilakukanlah evaluasi hasil belajar berupa tes pilihan berganda (multiple choice) sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran resitasi adalah (x = 8,22 ± 0,90) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran brainstorming yaitu (x = 7,41 ± 1,01) pada materi pokok sistem gerak manusia. Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran resitasi dengan hasil belajar yang diajar menggunakan brainstorming adalah signifikan atau mempunyai arti yaitu thitung > ttabel atau 3,85 > 1,99 pada taraf kepercayaan 95%. Adanya perbedaan ini disebabkan karena strategi pembelajaran resitasi lebih tepat digunakan dalam mengajarkan materi Biologi, khususnya materi pokok sistem gerak manusia kepada siswa kelas XI-IPA dibandingkan dengan strategi pembelajaran brainstorming.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Resitasi; Brainstorming; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28413

Actions (login required)

View Item View Item