PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 050664 LUBUK DALAM, STABAT

Lilawati, Jenny (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 050664 LUBUK DALAM, STABAT. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
J Lilawati.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview

Abstract

Masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: kurangnya kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, hasil belajar siswa masih rendah disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, dan model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar tidak bervariasi dan cenderung hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan , subtema Organ Tubuh Manusia dan Hewan dengan kompetensi dasar IPA: mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya di kelas V SD Negeri 050664 Lubuk Dalam. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 050664 Lubuk Dalam, pada kelas V dengan jumlah siswa 24 orang, 10 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitin diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan hanya 4 siswa (16,67% ) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 1,86 dari rentang nilai 1-4. Setelah pelaksanaan siklus I dengan model pemebelajaran berbasis proyek sebanyak 13 siswa (54,17%) tuntas belajar dengan nilai rata-rata 2,57, penilaian sikap dengan nilai rat-rata 2,50 dan penilaian keterampilan dengan nilai rata-rata 2,42. Setelah pelaksanaan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 21 siswa (87,50%) dengan nilai rata-rata 3,18, penilaian sikap dengan nilai rata-rata 2,96 dan penilaian keterampilan dengan nilai rata-rata 2,90. Kesimpulannya bahwa dengan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 050664 Lubuk Dalam.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model Pembelajarn Berbasis Proyek; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 06:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28405

Actions (login required)

View Item View Item