HUBUNGAN KUALITAS PENCATATAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BINJAI T.P. 2013/2014.

Sitompul, Ivandi (2017) HUBUNGAN KUALITAS PENCATATAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SISTEM INDERA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BINJAI T.P. 2013/2014. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
I Sitompul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kualitas pencatatan Peta Pikiran (Mind Map) dengan hasil belajar siswa pada sub materi sistem indera di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.P 2013/2014; dan (2) kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Binjai T.P 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai semester II tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA5 yang terdiri dari 40 orang. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal yang valid dari 50 soal. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas menggunakan uji Liliofers sedangkan uji homogenitas digunakan uji Bartlet. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan α = 0,05. Dari hasil perhitungan uji hipotesis penelitian diperoleh thitung = 5,893, dan ttabel = 2,0315. Nilai thitung > ttabel. Artinya bahwa hubungan kualitas pencatatan peta pikiran dengan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Binjai terbukti sangat signifikan, seperti pada dugaan awal di hipotesis penelitian. Kontribusi kualitas pencatatan peta pikiran dengan hasil belajar siswa kelas XI sebesar 51,27%. Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan: (1) Ada hubungan kualitas pencatatan peta pikiran dengan hasil belajar siswa kelas XI sangat signifikan. Kualitas pencatatan peta pikiran siswa diikuti dengan tingginya hasil belajar siswa. dan (2) Pengaruh kualitas pencatatan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Binjai sebesar 51,27%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Peta Pikiran; Hasil Belajar Siswa; Sistem Indera
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 06:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28399

Actions (login required)

View Item View Item