HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PROGRAM LINTAS MINAT

Barus, Ewi Mellysa and Restuati, Martina and Gultom, Tumiur (2017) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PROGRAM LINTAS MINAT. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM Barus, M Restuati, T Gultom.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri (X1) dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) pada mata pelajaran biologi program lintas minat. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan deskriptif studi korelasional. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Galang yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 112 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis, dan skala minat. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus korelasi dan regresi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan minat dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai korelasi sebesar 0,435 persamaan regresi Ŷ= 43,339 + 0,505X1.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Konsep Diri; Berpikir Kritis; Biologi; Program Lintas Minat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 05:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28388

Actions (login required)

View Item View Item