PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 2 KOTA TEBING TINGGI

Prihatini, Eka and Harahap, Fauziyah and Sudibyo, Mufti (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 2 KOTA TEBING TINGGI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of E Prihatini, F Harahap, M Sudibyo.pdf]
Preview
Text
E Prihatini, F Harahap, M Sudibyo.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) terhadap: hasil belajar biologi pada materi pencemaran lingkungan siswa SMA Negeri 2 Kota Tebingtinggi. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan ditetapkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X IPA-2 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol), kelas X IPA-3 dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL), X IPA-4 dibelajarkan dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikasi α = 0,05 dan dilanjutkan uji Tukey’s dengan bantuan SPSS ver 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi (P= 0,025). Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (81,46 ± 6,59) tidak berbeda dengan model project based learning (81,43 ± 10,14) ) tetapi berbeda dari model pembelajaran konvensional (65,43 ± 7,10). Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar biologi.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Model Problem Based Learning (PBL); Model Project Based Learning (PjBL); Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:44
Last Modified: 24 Jan 2018 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28384

Actions (login required)

View Item
View Item