PENGEMBANGAN MEDIA ELEKTRONIC LEARNING (E-LEARNING) BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA

Pratama, Davindra Joni and Ardi, and Fifendy, Mades (2017) PENGEMBANGAN MEDIA ELEKTRONIC LEARNING (E-LEARNING) BERBASIS WEB PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DJ Pratama, Ardi, M Fifendy.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu pembentukan pribadi seorang manusia. Upaya pemerintah dalam membantu pendidikan ialah dengan meningkatkan sarana dan prasarana belajar.Biologi sebagai bagian dari sains juga memegang peranan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seorang guru Biologi seharusnya dapat menyajikan materi pelajaran secara tepat. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan media pembelajaran berbasis Electronic learning (E-learning). Pembelajaran E-learning disebut juga online learning merupakan pembelajaran melalui media elektronik (E-learning) yang diintegrasikan melalui jaringan internet, sehingga sistem pembelajaran dapat dilakukan dengan mandiri. Salah satu materi dalam pembelajaran biologi adalah sistem reproduksimanusia yang membutuhkan cara penyampaian yang tepat kepada siswa.Penelitian ini bertujuan mengembangkan media E-learning berbasis web pada materi sistem reproduksi manusia serta mengetahui, melihat validitas dan praktikalitas terhadap media yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4Dyaitu define, design, develop dan disseminate. Tahap define terdiri dari analisis materi, analisis siswa, dan analisis media E-learning. Tahap design dilakukan perancangan E-learning. Tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator dan uji praktikalitas oleh guru dan siswa SMA kelas XII IPA SMAN 10 Padang serta siswa SMAN 1 Padang. Data dari angket uji validitas, praktikalitas terhadap materi berbasis E-learning oleh guru dan siswa dianalisis dengan analisis deskriptif Persentase. Hasil validasi materi sistem reproduksi manusia berbasis E-learning oleh 2 orang dosen dan 2 guru menunjukkan bahwa materi berbasis E-learning yang dihasilkan termasuk valid dengan persentase kevalidan sebesar 88% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan hasil sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 92,1%, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa termasuk praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 76% dan 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi berbasis e-learning yang dihasilkan termasuk validdan praktis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Pembelajaran; Sistem Reproduksi; E-Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 03:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28380

Actions (login required)

View Item View Item