PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA AL-FATTAH MEDAN

Nasution, Citty Asia and Sularno and Masnadi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA AL-FATTAH MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of CA Nasution, Sularno, Masnadi.pdf]
Preview
Text
CA Nasution, Sularno, Masnadi.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Model pembelajaran inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Swasta AL-FATTAH Medan. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeristas Islam Sumatera Utara Medan 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada sistem Ekskresi di kelas XI SMA swasta AL-FATTAH Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh skelas XI-IPA AL-FATTAH Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI-IPA 2. Nilai rata-rata pre-test sebelum diterapkan model inkuiri adalah 38,6 dan standart deviasi 8,7 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan nilai rata-rata post-test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 81 dan standart deviasi 11,4. Sebanyak 22 siswa (78,57%) yang tuntas dan 6 siswa (21,42%) tidak tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 24,12 sedangkan nilai ttabel = 1,70 sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada sistem Ekskresi di kelas XI SMA Swasta AL-FATTAH Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Hasil Belajar; Biologi (Sistem Ekskresi Manusia)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:44
Last Modified: 24 Jan 2018 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28374

Actions (login required)

View Item
View Item