PENGGUNAAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO VER 5.0 DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEL KELAS XI IPA 1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SILANGKITANG

Simanjuntak, Charlye (2017) PENGGUNAAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO VER 5.0 DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEL KELAS XI IPA 1 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 SILANGKITANG. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of C Simanjuntak.pdf]
Preview
Text
C Simanjuntak.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Silangkitang. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Silangkitang yang berjumlah 31 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap yaitu dari Januari 2015 sampai Maret 2015. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh hasil belajar siswa yang meliputi: ketertarikan siswa pada media pembelajaran Biologi yang dibuat dalam program aplikasi Camtasia Studio ver 5.0. dan hasil belajar materi Sel. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan proses berdaur. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian selama siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa aplikasi program Camtasia Studio ver 5.0. dalam pembuatan media pembelajaran Biologi yang ditampilkan dalam pembelajaran menggunakan infokus sangat menarik perhatian siswa. Hal ini tercermin melalui indikator : siswa sangat serius memperhatikan materi pelajaran, mencatat konsep-konsep pokok materi pelajaran, mengajukan pertanyaan, mengerjakan tugas kelompok dan tes evaluasi. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar mencapai 80% (memperoleh nilai 60 ke atas) dengan nilai rata-rata 67. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar mencapai 97% dengan nilai rata-rata 79. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi program Camtasia Studio ver 5.0. dalam pembuatan media pembelajaran Biologi sangat menarik perhatian siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Penggunaan aplikasi camtasia; SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:37
Last Modified: 24 Jan 2018 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28372

Actions (login required)

View Item
View Item