KONTRIBUSI PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN KOORDINASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SLBN DINAS PENDIDIKAN PROPINSI SUMATERA UTARA

Nuryaningsih (2010) KONTRIBUSI PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN KOORDINASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SLBN DINAS PENDIDIKAN PROPINSI SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081188130033 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081188130033 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 081188130033 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081188130033 Abstrak.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 081188130033 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081188130033 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 081188130033 Bab I.pdf]
Preview
Text
081188130033 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 081188130033 Bab V.pdf]
Preview
Text
081188130033 Bab V.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview
[thumbnail of 081188130033 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081188130033 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi positif yang signifikan: (1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) kemampuan koordinasi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SLBN Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SLBN Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara yang berjumlah 116 orang dan sampel penelitian sebanyak 31 orang dengan menggunakan stratifikasi random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket dengan ujicoba lebih dahulu. Basil ujicoba tes pelaksanaan supervisi kepala sekolah diperoleh 2 item yang tidak valid dari 30 item dengan koefisien reliabilitas 0,84, kemampuan koordinasi kepala sekolah diperoleh 2 item yang tidak valid dari 30 item dengan koefisien reliabilitas 0,92, dan angket kinerja guru diperoleh 2 item yang tidak valid dari 30 item dengan koefisien korelasi 0,86.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Basil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala sekolah serta kinerja guru tergolong ke dalam kategori cukup. Terdapat kontribusi positif yang signifikan pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, koefisien korelasi 0,4473. Terdapat kontribusi positif yang signifikan kemampuan koordinasi kepala sekolah terhadap kinerja guru, koefisien korelasi 0,4633. Terdapat kontribusi positif yang signifikan pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SLBN Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara dengan koefisien korelasi 0,5782. Pengujian dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan kinerja guru diperlukan pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala sekolah yang baik.Basil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan, kepala sekolah, dan guru dalam hal peningkatan kinerja guru, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi tentang penelitian lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.91 Nur k
Keywords: Penelitian; Supervisi; Disability Studies; Kemampuan koordinasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jun 2016 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item
View Item