PENGARUH STERATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN SIKAP INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN

Purba, Sri Rezeki Fransiska (2010) PENGARUH STERATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN SIKAP INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188930024 - KataPengantar.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930024 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930024 - DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930024 - Bab-I.pdf - Published Version

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930024 - Bab-V.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930024 - DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar Biologi kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery terpimpin dan discovery mandiri, dan menemukan hasil belajar kelompok siswa yang memiliki sikap inovatif tinggi dan rendah, serta mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran discovery dan sikap inovatif siswa terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu berupa skor angket sikap inovatif dan skor tes hasil belajar biologi.Untuk mendeskripsikan data variabel penelitian digunakan statistic deskriptif dan menguji hipotesis digunakan statistik inferensial dengan tehnik Anava 2 jalur dengan taraf signifikan 5%. Temuan penelitian ini : (1) rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi discovery terpimpin adalah 33,50; (2) rata-rata skor hasil belajar siswa dengan strategi discovery mandiri adalah 32,25;(3) rata-rata skor hasil belajar siswa dengan sikap inovatif tinggi adalah 33,95; (4) rata-rata skor hasil belajar siswa dengan sikap inovatif rendah adalah 31,43. Berdasarkan temuan tersebut maka penelitian ini menyimpulkan : (1) hasil belajar siswa dengan strategi discovery terpimpin lebih tinggi dan discovery mandiri; (2) hasil belajar siswa dengan sikap inovatif tinggi lebih tinggi dari sikap inovatif rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran discovery dengan sikap inovatif dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Call Number: 574.071 Pur p
Keywords: Strategi Pembelajaran Discovery; Terpimpin; Mandiri; Sikap Inovatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2823

Actions (login required)

View Item View Item