PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWWA PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA

Panggabean, Freddy Tua Musa (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWWA PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188430001 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430001 abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430001 bab I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188430001 bab V.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (I) pengaruh penggunaan media animasi komputer terhadap minat belajar siswa, (2) pengaruh penggunaan media animasi komputer terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi yang linear antara minat dan media animasi komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dan pengambilan sampel secara purposive yakni karakteristik populasinya harus tercermin dalam sampel.Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan melibatkantiga sekolah, antara SMA Santo Thomas-1, SMA Negeri-2, danSMA Methodist-1 dengan total sampel sebanyak 252 orang, terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini terdiri atas tes dan kuesioner yang telah terstandarisasi. Teknik analisis SPSS Versi 16 GLM Univariat digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi komputer yang dibandingkan dengan media non animasi komputer dengan variabei minat belajar siswa. Interaksi antara minat belajar dengan basil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer diuji dengan GLM Univariale dan Korelasi Bivariate.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa (a) Terdapat pengaruh minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer untuk sekolah SMA Negeri-2 dan sekolah SMA Methodist-1. Akan tetapi, tidak terdapat perbedaan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer untuk sekolah SMA Santo Thomas-1; (b) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi komputer untuk sekolah SMA Santo Thomas-1, SMA Methodist-1, dan sekolah SMA Negeri-2; (c) Tidak terdapat interaksi yang linear antara minat dan media animasi komputer dalam meningkatkan hasil belajar siswa untuk sekolah SMA Santo Thomas-1, sekolah SMA Negeri-2 dan sekolah SMA Methodist-1.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorTarigan, Simson196002231983061005
Call Number: 540.071 Pan p
Keywords: Minat belajar;hasil belajar;general linier;kimia;media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item