MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PADA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN

Prasetyo, Dimas Agung (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PADA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa. Media juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data, dengan menarik dan terpercaya., siswa akan belajar lebih baik dari pada jika materi pelajaran disajikan hanya dengan stimulus pandang atau hanya dengan stimulus dengar. Salah satunya dalam materi pokok Proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 014711 Sipare-pare yaitu dengan pengguanaan media diorama yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang dicapai dengan menggunakan media diorama dalam materi pokok Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 014711 Sipare-pare dengan jumlah siswa 35 orang. Guru pengamat dilibatkan
untuk mengamati aktifitas guru dan siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil setelah siswa yag memperoleh nilai
>
7,00
mencapai
>
80% serta telah terjadi penin
gkatan aktifitas siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian tindakan kelas. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus menempuh prosedur perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian siklu
s I siswa yang memperoleh nilai
>
7,00 mencapai 59,29%
dengan keaktifan cukup. Sesuai hasil refleksi pada siklus I maka dilanjutkan pembelajaran siklus II. Hasil tes pada siklus II
siswa yang memperoleh nilai
>
7,00 mencapai 81,81% dengan keaktifan tergolo
ng aktif.
Sesuai dengan harapan maka
penelitian ini berhasil mengoptimalkan kemampuan siswa
dengan memperoleh peningakatan sebanyak 22,7%.
Dengan
menggunakan media diorama pada materi pokok Proklamasi kemerdekaan Indonesia mampu meningkatkan aktifitas bel
ajar
siswa. Dalam hal ini diharapkan pada setiap guru, agar menggunakan media
-
media dalam pembelajaran khususnya dalam
materi pokok Proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 014711 Sipare
-
pare.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media diorama; Proklamasi kemerdekaan; Media pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 05:56
Last Modified: 13 Jan 2018 05:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28165

Actions (login required)

View Item
View Item