MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE SUKU KATA MELALUI MEDIA GAMBAR

Hasanah, Mar'atun (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE SUKU KATA MELALUI MEDIA GAMBAR. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan metode suku kata melalui media gambar pada siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan Tahun 2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan siklus meliputi 4 tahap yakni; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan yang terdiri dari 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan meningkat dengan menggunakan metode suku kata melalui media gambar. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan belajar secara klasikal yang diperoleh pratindakan adalah 25% yang kemudian diberikan tindakan pada siklus I, diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 50% kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian tindakan siklus II yang memperoleh nilai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tejadi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan dengan metode suku kata melalui media gambar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Membaca permulaan; Metode suku kata; Media gambar; Metode belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 05:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28163

Actions (login required)

View Item View Item