PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MEDIA INOVATIF (PUSTAKA DIGITAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Siregar, Anggi Chairunnisa (2017) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MEDIA INOVATIF (PUSTAKA DIGITAL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah: (1) Kurangnya keterampilan siswa dalam berbicara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan masih terpengaruhnya bahasa yang digunakan siswa sehari-hari. Siswa cenderung menganggap bahwa seolah-olah mereka hanya berbicara dengan temannya seperti biasa. (2) Kurangnya keterampilan siswa dalam mengungkapkan ide. Siswa kurang memiliki keberanian dalam mengungkapkan gagasannya, mereka menganggap bahwa gagasannya tidak penting sehingga tidak perlu untuk diutarakan. Padahal jika ditinjau lebih lanjut ternyata gagasan tersebut penting dan dapat menjadi bahan saat ujian. (3) Kurangnya pemahaman siswa dalam penulisan ejaan yang masih terpengaruh dengan bahasa lisan. Hal tersebut dikarenakan siswa hanya mengingat apa yang dikatakannya sehari-hari. Padahal bahasa yang digunakan sehari-hari merupakan bahasa yang tidak baku dan tidak sesuai dengan EYD. Selain itu juga kurang diperkenalkannya EYD secara lebih mendalam sejak dini. Solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan pengembangan sumber belajar berbasis media inovatif (pustaka digital) pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan seorang guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa. Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang dapat digunakan dalam pembelajaran (pustaka digital). Dengan sumber belajar yang diciptakan yaitu pustaka digital, akan memperluas dan meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sumber belajar; Media inovatif; Pustaka digital; Bahasa Indonesia; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 05:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28160

Actions (login required)

View Item View Item