MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Susanty, Desi (2017) MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, banyak beranggapan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia itu mudah/gampang dalam pembelajaraannya. Pada kenyataannya kegagalan pada beberapa siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN). Hakikat dan kedudukan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD merupakan mata pelajaran yang membelajarkan siswa untuk berkomunikasi baik dan benar, komunikasi secara lisan maupun tertulis, pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan kuantifikasi kemampuan pengetahuan keterampilan berbahasa, sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Pada kedudukan dalam pembelajaran Bahsa Indonesia, siswa tidak boleh mendapatkan nilai kurang dari 6, artinya semua peserta didik sekurangnya harus mempunyai kemampuan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik karena peran yang sangat penting dalam kehidupan baik pada lingkunganya. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah ditunjukkan untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang strategi pembelajaran Bahasa Indonesia dan ekfetivitasnya terhadap pencapaian tujuan belajar, Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Role Playing, seorang guru akan mendisain dan melaksanakan proses belajar-mengajar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, serta situasi dan kodisi pembelajaran berlangsung. Artinya, guru dapat saja mengubah model pembelajaran apabila situasi dan kondisi pembelajaran tidak memungkinkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Role playing; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 05:04
Last Modified: 13 Jan 2018 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28158

Actions (login required)

View Item
View Item