PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ginting, Ita Novelly (2017) PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Masalah untuk belajar di dalam penelitian ini terkait dengan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) yang tidak optimal tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran setelah melakukan pendekatan PAKEM. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 101822 Negara 23 siswa. Objek adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PAKEM. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berganda dengan tingkat kognitif C1, C2 dan lembar observasi, yaitu untuk guru dan kegiatan siswa selama proses belajar-mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I guru aktivitas mengajar, mencapai 51 (67,10%) dan siswa kegiatan meraih 24 (66,7%) dengan kategori sedang. Pada siklus II, itu meningkat menjadi 62 (81,57%) pada guru kegiatan dan 29 (80,5%) dari siswa kegiatan dan kategori baik. Padahal, rata-rata siswa skor pada siklus I adalah untuk 64,13 dan meningkat menjadi 75,43 pada siklus II. Berdasarkan analisis dari penelitian, diperoleh bahwa pembelajaran dan pelaksanaan belajar siswa setelah pembelajaran remedial dikategorikan baik dan hasil pembelajaran membaik setelah menggunakan pendekatan PAKEM pembelajaran (aktif, kreatif, dan pembelajaran efektif) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 101822 Pancur Batu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Minat belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Pendekatan pakem; Metode belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 04:58
Last Modified: 13 Jan 2018 04:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28157

Actions (login required)

View Item
View Item